Gua Maria Kerep Ambarawa

Salam backpacker!

Kali ini aku bakal cerita tentang traveling beberapa waktu lalu yaitu, traveling rohani. Inget meskipun dalam kondisi apapun, kita harus selalu ingat pada-Nya. Cerita bermula saat hari Senin (hari dimana aku sangat gak produktif dan membuat males melakukan aktivitas apapun termasuk kuliah). Tiba-tiba terdengar sesuatu berbunyi, aku baca dengan khidmat *ya elah baca sms apa baca pidato woe!

Inti dari smsnya, aku diajak buat ziarah ke Gua Maria Kerep Ambarawa dalam rangka bulan Mei buat berdevosi pada Bunda Maria bareng Keluarga Mahasiswa Katolik Fakultas Pertanian (@KMKFPUB). Aku langsung semangat, tanpa pikir panjang aku langsung mengiyakan.

24 Mei. Akhirnya bersama dengan 2 orang temen yang cacat, (@corneliuscs8693 dan @PTrocky) kami berkumpul pukul 22.00 dan berangkat dari kampus pukul 23.00. Prediksiku bakal nyampe besok siang, nah karena alesan itu langsung aja aku menuju ke alam mimpi alias tidur.

25 Mei. Keesokan harinya pukul 06.00 kami istirahat di Ngawi. Kalian tahu gak? Sama aku juga gak tahu. Di Ngawi ini sekaligus bersih diri sama sarapan. Meskipun mental backpacker tapi harus tetep bersih dan jaga kesehatan lah. Pukul 07.00 kami tancap gas menuju ke Ambarawa. Setelah lelah selama perjalanan (padahal selama perjalanan tidur mulu) akhirnya kami sampai pukul 11.00. Tanpa menyia-nyiakan waktu langsung saja kami bersama rombongan KMKFPUB menuju ke Gua Maria Kerep Ambarawa dengan jalan kaki sejauh 900 m. Jalan kaki yang kalian bayangkan pasti panas, banyak debu, banyak nyamuk, banyak kotoran, dll. Eiitss, tunggu dulu! Jalan kaki ini kalian bakal nemuin pemandangan kayak di bawah ini.

Setelah sampai di tempat peristirahatan sementara yaitu rumah kaca, kami melepas lelah sejenak sambil menunggu acara selanjutnya yaitu materi dan sharing tentang kerohanian terlebih tentang hal-hal yang berhubungan dengan Doa Rosario. Seperti, "Apa arti rosario?" udah tahu belum artinya? Sama aku juga barusan tahu kalau rosario itu adalah untaian bunga  mawar  dari  Gereja  yang  dipersembahan  kepada  Tuhan. Doa  Rosario  adalah  rangkaian  doa  yang  terdiri  dari   lima  puluh  kali  salam  Maria  untuk  mengenang   cinta  kasih  Bunda  Maria yang telah menyelamatkan kita semua melalui Yesus Kristus. Abis materi lanjut ice breaking, dan setelah itu pembagian kelompok buat atraksi nanti malam. (ikut acara kerohanian itu seru, yang gak seru kalo disuruh atraksi kelompok, pasti kemungkinan besar bertingkah bodoh).

Ice breaking sejenak, mari kita bersukacita

Setelah makan malam, kami menuju ke Gua Maria untuk berdoa sejenak secara pribadi dan setelah itu dilanjutkan Doa Rosario bersama di pelatarannya. Damai banget suasananya. Gelap dan hanya diterangi nyala lilin.

Suasana Gua Maria Kerep Ambarawa saat malam hari, damai banget

Doa Rosario selesai, nah saatnya atraksi kelompok (ini dia waktunya bertingkah bodoh). Diiringi dengan cahaya dan kehangatan dari api unggun (cieileh bahasanya udah puitis aja), kami semua bernyanyi bersama terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan pemberian kue ulang tahun pada teman-teman yang berulang tahun pada bulan Maret-Mei. Setelah itu baru penampilan kelompok.

Selamat ulangtahun kawan!
Mudah ditebak, dari semua kelompok menampilkan atraksi yang kocak parah pokoknya! Ada rapper buta dadakan, ada ftv galau, ada juga yang serius nyanyi. Setelah atraksi selesai dilanjutkan sharing tentang seluruh kegiatan baik dari persiapan hingga terlaksananya acara ini. Malam sudah larut, dan acara hari ini selesei ditutup dengan doa malam.

Ini salah satu atraksi paling kocak, judulnya rapper buta

Eittss!! Semua bergegas tidur, aku malah gak ikutan karena aku punya prinsip kalau traveling "Tidur semalam mungkin dan bangun sepagi mungkin". Apalagi hari itu pas ada final UEFA Champions League yang sayang banget buat dilewatin. Sambil nunggu final, bareng 2 temenku lainnya nyempatin buat keliling Gua Maria.

Bersama-Mu bercahaya dalam gelap

Menikmati setiap suasananya dan gak lupa keliling di pasar rohani yang menjajakan segala macam atribut kerohanian tentunya. Puas jalan-jalan malam, kami pun langsung cari warung yang buka buat MAKAN!!

26 Mei. Keesokan harinya, kami mengikuti Misa pukul 08.00 bersama rombongan peziarah dari Surabaya. Setelah itu kami bersiap dan berkemas sembari menonton video hasil kumpulan foto-foto kegiatan selama di Gua Maria Kerep Ambarawa ini.

Selalu mengawali dan mengakhiri kegiatan dengan berdoa
Tepat pukul 12.00 kami pun berangkat menuju Malang dan sampai di Malang pukul 23.00. Terimakasih Keluarga Mahasiswa Katolik Fakultas Pertanian! Salut buat kalian semua. Lain kali ajak lagi ya.