Malang: Menikmati Nyanyian Coban Glotak

Ada yang pernah dengar nama ini sebelumnya? Coban ini memiliki ketinggian sekitar 100 m dan berada di lereng Gunung Kawi.  Menurut aku masyarakat setempat Coban Glotak ini merupakan coban terakhir dari 7 coban yang berada di atasnya.  Lingkungan di coban ini masih sangat alami termasuk gadis desanya.  Untuk menuju kesana lumayan sulit karena harus menyusuri sungai.
 
Pemandangan menuju coban
 
Konon, nama Coban Glotak itu berasal dari bunyi bebatuan yang jatuh bersama jatuhnya air terjun. Bebatuan yang jatuh dan di bawa air itu menimbulkan bunyi klotak - klotak.  Nah, dari kejadian itulah yang kemudian dijadikan nama air terjun tersebut.  Dan hingga saat ini, bebunyian itu masih bisa di dengar saat malam hari tiba.
 
Anggota yang ikut ke coban
  
 
Berjarak 15 km arah barat Kota Malang atau 4 km dari Desa Bedalisodo dengan kondisi jalannya masih makadam dan sebagian tanah liat.  Dari Desa Bedalisodo kami menitipkan kendaraan kami di dekat pintu masuk jalan setapak menuju ke coban. Perjalanan kami lanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak mengikuti aliran sungai (karena naik kendaraan sudah terlalu mainstream). Perjalanan ini berjarak sekitar 2 km hingga tiba di lokasi coban.
 
Ini pemandangan yang akan menemani kalian
 
Jalan setapak menuju coban

 
 
Tempat wisata Coban Glotak tak ubahnya dengan kebanyakan wisata alam lainya yang dikelola oleh Perhutani, dimana tidak adanya petunjuk jalan tentang keberadaan lokasi air terjun tersebut. Tak terhitung berapa kali kami kesasar disana. Satu-satunya petunjuk jalan hanya ada di pertigaan Pabrik Gula Kebon Agung yaitu hanya petunjuk panah dengan tulisan Coban Glothak 12 kilometer dan setelah itu tidak ada lagi sampai lokasi.

Istirahat sejenak di aliran sungai
   
Kalau yang ini jangan di zoom :p


Perjuangan
 
Menerjang jalan curam sebelah jurang
  
Menembus batas air

Setelah bersusah payah melewati semua rintangan yang ada, kami dibuat takjub dengan air terjun yang tersembunyi ini. Semua letih lesu terbayarkan meskipun pakaian yang kami pakai sangat kotor.
 

 


Sampai jumpa :)

12 komentar:

  1. keren bro ceritanya.
    kunjung balik bro http://virgoez23.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasihh broo..sudah saya kunjungi dan saya follow.

      Delete
  2. Coblan gotak? baru denger bang. subhanallah sekali, tinggi amat ya :) salam kenal bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini juga baru tahu karena memang tempatnya "penuh perjuangan untuk mencapainya" salam kenal juga ya!

      Delete
  3. nggak ada tips backpack ke karimun jawa dik?info2 jasa tour / home stay gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok, coba ini sentosa panorama 087854473744. kantor nya kalo ga salah di malang, di daerah PBI. itu yg ngurusi ke karimun jawa, lumayan murah. semoga ae masih beroperasi.

      Delete
  4. kereeeeen banget aer terjunnya...pen ke sana juga nich

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo dikunjungi tapi medan nya memang agak susah :))

      Delete
  5. wow.. trackingnya seru.. g sekalian mandi di air terjunnya mas disana..

    ReplyDelete
  6. mas admin : masih aktif nomernya bro, 087854473744/31C6B5FA.... monggo yang mau ke karimun jawa...

    ReplyDelete

Sebelum pergi jangan lupa tinggalkan komentar, kritik, saran, dan share juga ke temen kalian ya. Apresiasi sekecil apapun bisa jadi punya pengaruh yang sangat besar bagi pembaca lain dan juga blog ini ke depannya. Terimakasih sudah mampir dan membaca :))

 

Loyal Followers

Backpacker Indonesia

KBMR