7 Things To Do in Kuala Lumpur

Kuala Lumpur adalah ibukota dari Malaysia. Kota Kuala Lumpur banyak dikunjungi wisatawan internasional sepanjang tahun karena terdapat banyak sekali tempat wisata yang menarik. Tempat wisata di Kuala Lumpur banyak jenisnya, mulai dari tempat wisata religi, tempat wisata belanja, tempat wisata kuliner, tempat wisata modern, hingga tempat wisata tradisional. Dari sekian banyak tempat wisata di Kuala Lumpur, yang manakah yang paling populer?

1. Petronas Twin Tower (Menara Kembar Petronas)


Mungkin sudah banyak dari kalian yang tahu tempat ini, bahkan mungkin sudah pernah dan sering mengunjunginya. Tapi salah satu landmark kebanggaan Kuala Lumpur atau bisa juga disebut kebanggaan Malaysia ini selalu menarik untuk dikunjungi. Banyak cerita yang selalu bisa dinikmati setiap insan yang silih berganti datang, melihat, dan juga menghabiskan waktunya di sana. Tak terkecuali saat beberapa waktu lalu akhirnya akupun punya kesempatan untuk menjejakkan kaki ini di Kuala Lumpur, tentu saja salah satu tujuan yang harus didatangi tak lain dan tak bukan adalah Petronas Twin Tower di Suria KLCC ini.



Sejatinya menara ini adalah sepasang menara kembar yang pernah menjadi bangunan tertinggi di dunia pada tahun seribu sembilan ratus sembilan puluh delapan sampai dua ribu empat. Sebelum akhirnya digantikan oleh Taipei seratus satu. Terdapat sebuah jembatan udara yang menyambung antar kedua menara di lantai empat puluh satu dan empat puluh dua, yang menjadikannya jembatan dua lantai tertinggi di dunia. Jembatan ini terletak seratus tujuh puluh meter dari permukaan jalan dan panjangnya sekitar lima puluh delapan meter, sedangkan beratnya mencapai tuju ratus lima puluh ribu kilogram. Jembatan ini juga sebenarnya diperkuat dengan dua kaki retort yang tiap sisinya berpasangan, panjang setiap satu kakinya aja lima puluh satu meter. Keren ya arsitekturnya?

Di dalam Menara Petronas ada apa sih? 

Ayo kita masuk!


Menara Satu diduduki sepenuhnya oleh Petronas dan sejumlah anak perusahaan dan perusahaan asosiasi, sedangkan kantor di Menara Dua juga disewakan ke perusahaan-perusahaan lainnya. Perusahaan-perusahaan yang mendirikan kantor dalam Menara Dua di antaranya: Al Jazeera, Hess Corporation, Bloomberg, GE, IBM, Khazanah Nasional, McKinsey & Company, Microsoft, Reuters, Shell.

2. Kuala Lumpur City Center (KLCC)

Di bawah bangunan ini, terdapat sebuah Taman KLCC seluas enam puluh sembilan ribu meter persegi yang menyediakan lorong untuk berjoging dan bertamasya, kolam air mancur yang dihiasi pertunjukan cahaya, kolam renang, dan taman permainan anak-anak. Suria KLCC adalah salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Malaysia. Ya di sini tempat paling enak dan paling nyaman buat menghabiskan waktu hingga malam. Melihat dari dekat senja yang semakin tampak, dan merasakan dengan lebih dekat cahaya lampu dari setiap sudut menara. Sejenak melupakan kejenuhan rutinitas.


 
 







3. Kuala Lumpur Tower

Menara Kuala Lumpur adalah sebuah menara dengan tinggi empat ratrus dua puluh satu meter dan merupakan salah satu tempat wisata di Kuala Lumpur yang sering dikunjungi wisatawan, dibangun untuk tujuan komunikasi. Elevator yang terdapat di Menara Kuala Lumpur cukup cepat, hanya membutuhkan waktu sekitar lima puluh empat detik saja untuk mencapai tempat observasi, dan sekitar lima puluh dua detik untuk kembali mencapai dasar. Selain dapat menikmati pemandangan, di sini kalian juga bisa bermain simulasi F one, memasuki zona binatang, menaiki kuda poni, melihat akuarium koral, mencoba sensasi teater XD, dan mencoba makan di restoran mewah dengan desain unik yang berputar tiga ratus enam puluh derajat di ketinggian dua ratus delapan puluh dua meter.


 
4. Jalan Petaling (Chinatown)

Kawasan Jalan Petaling dahulu adalah wilayah pemukiman sederhana yang dibangun pemerintah kolonial Inggris untuk menampung imigran dari Cina daratan. Kini salah satu distrik tertua di Kuala Lumpur itu sudah menjelma menjadi pusat perdagangan dan wisata kuliner. Kalau kalian ingin berburu pernak-pernik murah untuk oleh-oleh atau sekadar menikmati suasana malam yang meriah, Jalan Petaling adalah tempat yang tepat. Cobain deh!

5. Bukit Bintang Jalan Alor

Jalan Alor yang terletak di Bukit Bintang adalah surganya pecinta kuliner. Jalan Alor ramai dikunjungi para pecinta kuliner murah kaki lima terutama pada saat malam hari. Makanan dan minuman yang disajikan di sini sangatlah beragam, mulai dari makanan lokal, makanan China, hingga makanan India dan hidangan laut dapat anda temukan di sini. Pecinta Kuliner, kalian pasti akan menyesal bila tidak datang ke Jalan Alor!




6. Merdeka Square Malaysia

Merdeka Square atau yang disebut sebagai Dataran Merdeka adalah sebuah tempat bersejarah bagi warga Malaysia. Di Merdeka Square, bendera Malaysia dikibarkan secara resmi untuk pertama kali. Memang tidak banyak spot-spot menarik di tempat wisata ini, namun kalian dapat mengambil foto bendera Malaysia yang berkibar pada tiang yang tinggi di Dataran Merdeka. Sebagai sebuah ikon wisata sejarah Malaysia, Merdeka Square layak untuk dikunjungi saat kalian sedang berada di negeri Jiran ini.



7. Batu Caves

Berlokasi sekitar tiga belas kilometer di utara Kuala Lumpur, Batu Caves adalah sebuah tempat yang suci bagi umat Hindu, dan sebuah tempat wisata di Kuala Lumpur yang terkenal bagi wisatawan. Di sini kalian akan menaiki tiga ratus enam puluh lima anak tangga yang terjal dan cukup melelahkan untuk dapat merasakan kemegahan Batu Caves. Uniknya, di tiap anak tangganya terdapat angka yang menunjukan kalian sudah berada di anak tangga keberapa, angka-angka ini sangat memotivasi untuk terus naik walau sudah lelah. Di tempat wisata ini juga banyak sekali monyet yang akan berusaha mengambil makanan kalian, jadi berhati-hatilah. Selain itu jangan lupa bahwa tempat ini adalah tempat yang suci, hargailah tempat ini dan jangan merusak apapun.





Kalau kalian, tempat mana yang paling menarik dan kalian sukai di Kuala Lumpur?


12 komentar:

  1. Replies
    1. Wah iya kemarin gak sempat kesana :(

      Delete
    2. Genting Hinglands bukan dalam Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur tapi Negeri Pahang,,, disebabkan jarak Genting Hinglands dekat dengan KL,,, maka ramai pelancong (turis) datang ke sana,,,,,

      Delete
  2. Mbok yo aku dijak pisan po'o sam...

    ReplyDelete
  3. Mbok yo aku dijak pisan po'o sam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha kemarin kan tak tawari gabung naik gunung hahaha
      Ya ayo wes

      Delete
  4. Mas foto2 nya pake kamera apa? Nice review btw :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake SJ4000 sama Panasonic DMC-FZ18
      Terimakasih sudah berkunjung ya

      Delete
  5. Mas,dari satu tempat ke tempat lain deket2 ga? naik transportasi apa? aku juga mau first bagpack kesana nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan sih jalan kaki, itu tempatnya pada deket semua. Ada juga naik kereta buat ke Batu Caves, soalnya lokasinya diujung

      Delete
  6. mobil jet nya keren banget yah

    ReplyDelete

Sebelum pergi jangan lupa tinggalkan komentar, kritik, saran, dan share juga ke temen kalian ya. Apresiasi sekecil apapun bisa jadi punya pengaruh yang sangat besar bagi pembaca lain dan juga blog ini ke depannya. Terimakasih sudah mampir dan membaca :))

 

Loyal Followers

Backpacker Indonesia

KBMR