Get Lost in Bali

Sudah lumayan lama aku gak update blog ini. Apalagi bulan ini belum ada postingan. Mendadak gagal menjadi blogger. Tapi tenang, itu semua karena aku lagi sibuk ngetrip. Nah, kali ini aku balik lagi buat cerita tentang BALI!!
 
Siapa yang gak tau Bali? Nenek-nenek juga pasti tahu Bali, kalau gak tau mungkin neneknya kurang update HAHAHAHA!! Bahkan bule-bule kebanyakan lebih tahu Bali daripada Indonesia. Mengutip percakapan di sebuah forum, kayak gini :
 
"Where are you from?"
"Indonesia"
"It's near Bali?"
""
 
Ya itulah salah satu percakapan yang paling aku benci. Indonesia kalah terkenal dibanding Bali. Padahal Bali itu salah satu kepulauan di Indonesia. Miris memang. Dan aku juga yakin kalian semua yang berjiwa muda dan terutama yang suka traveling pasti pernah ke Bali kan? Bahkan yang awam pun pasti se enggak nya pernah ke Bali. Ya meskipun hanya sebatas biar bisa update status.
 
Nah, dikunjungan yang kesekian ke Bali ini aku gak bakal cerita tentang destinasi terkenal di pulau ini karena tentunya kalian pasti udah pernah kan? 
 
"Lha terus mau cerita apaan Dik?"
"Tenang, aku bakalan cerita tentang hidden paradise disini yang (mungkin) belum diexplore dengan cerita seru tentunya. Enjoy!"
 
Singkat cerita, selama di perjalanan banyak banget aku ngerasain ditolong orang. Mulai dari tiba-tiba kelaperan di kereta dan apesnya lupa bawa makanan. Mau beli P*op Mie harganya juga 2 kali lipat. Beruntung banget tiba-tiba ada nenek tua (emang ada ya nenek yang gak tua? Udah lupain) yang jualan nasi rames porsi jumbo murah banget dan itu tinggal terakhir. Cerita keberuntungan berlanjut saat turun di stasiun terakhir Banyuwangi. Mau naik apa coba ke tujuan di Nusa Dua malem-malem jam 23.30 gini? Ya kali mau hitchiking, gak ada yang lewat di jalan jam segini yang bisa dibuat nebeng. Masak iya mau hitch-hike di gerobak tukang jualan. Bisa-bisa nyampainya minggu depan. Gak mungkin juga jalan kaki. Bisa-bisa kaki berubah dempal kayak lengan si Ade Rai. Barusan bingung mikir, tiba-tiba ada orang yang nyamperin, nawarin transport ke Bali. Awalnya gak percaya. Tapi setelah ngobrol bentar, gak taunya tuh orang Malang yang sekarang kerja jadi supir travel di Bali. Langsung deh aku iyain, lumayan bayarnya cuma separuh harga. Iya aku ulangin lagi, cuma separuh harga!! Udah dapet tumpangan dari Ketapang-Nusa Dua gak perlu repot oper sana sini, gak perlu kedinginan di jalan, gak perlu nahan ngantuk, dan yang paling penting gak perlu bayar penuh. How lucky.
 
Setelah dalam perjalanan berkelana di alam mimpi, akhirnya nyampai di Perum Kampial Nusa Dua. Kelar beres-beres lanjut keliling Bali ditemenin temen lama yang sekarang jadi "guide dadakan", kita sambut Bli Anom. Yang mau tau lebih banyak atau minta dia jadi guide pas kalian ke Bali bisa langsung stalking TL nya disini (@anom_syailendra). 
 
Pantai Pandawa

Selamat datang di Pantai Pandawa, lubang di tebing itu ada patung Pandawanya lho
 
Gak jauh dari Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. Tinggal ikuti plang belok kiri dan kalian akan nyampai dengan kece di hidden beach ini. Ya bener banget, Pantai Pandawa mungkin kalian belum pernah denger. Tapi soal viewnya, hmmmm jangan ditanya. Amazing! Bangga juga bisa berdiri di pantai ini, menikmati panorama viewnya yang amazing yang pernah sempat digunakan menjadi lokasi syuting salah satu FTV di stasiun tv. Sesuai namanya lah, di Pantai ini ada 5 patung Pandawa yang berdiri kokoh di sepanjang tebing menurun menuju bibir pantai. Niat awalnya nyari bule telanjang tapi yang ada cuma wisatawan lokal. Hmmmm mungkin belum waktunya aja. Daripada kalian ngebayangin bulenya pantainya, langsung aja nih aku kasih penampakannya.

Tempat berkumpul bersama keluarga dan kerabat juga nyaman

Banyak rumput laut di sini, gak heran banyak pula petani rumput lautnya pula

Sesuai slogan "Santai kayak di Pantai" nih



Gak sengaja kena jepret kamera, anggep aja bonus ya
Pantai Padang-Padang
 
Awalnya aku gak pernah denger pantai ini. Tapi atas desakan dan saran dari Bli Anom beberapa hari lalu, akhirnya aku memberanikan diri buat kesana. Katanya sih kalau kita beruntung, bakal ada bule yang topless disana! Aku sih iseng-iseng berhadiah kesana aja. Buat menuju kesana gak segampang yang dibayangin ternyata. Gak ada plang penunjuk jalan ataupun tanda-tanda menuju pantai ini. Yang ada malah aku kesasar. Setelah tanya sana sini akhirnya dengan sisa-sisa tenaga, aku sampai di pantai yang katanya hidden paradise ini. Mungkin ini pantai yang paling indah yang pernah aku lihat selama di Bali, pantai yang bersih dan diapit oleh tebing-tebing besar ini sangat indah dan sejuk, pantas pantai ini dipakai sebagai tempat shootingnya Julia Roberts dalam film nya yang berjudul Eat Pray Love.
 
Dan lebih beruntungnya, ternyata di pantai ini lagi ada turnamen surfing. Pantes aja daritadi banyak banget bule yang sliweran kayak setrika di depanku. Langsung aja aku turun tangga menuju ke bibir pantai dan seketika aku kaget. Bukan kok bukan kaget lihat 1 bule bugil, tapi ratusan!! Banyak banget, mulai dari yang hanya tiduran, duduk-duduk, berenang, sampai yang lagi ganti baju di tempat umum. Buseeettt dah ini pantai udah kayak es cendol aja. Gak lama kok di pantai ini, imanku gak kuat HAHAHAHA!! Bukan woe, aku males aja di tempat keramaian kayak gini. Akhirnya dengan kondisi badan yang udah mau copot kayaknya, aku balik buat istirahat.

Langit sedang bersinar cerah di Pantai Padang-Padang

Bertepatan dengan acar surfing internasional, jadi rame banget

Gak usah di zoom

Serius, dibilangin gak usah di zoom

Sisa waktu hari, selebihnya cuma nongkrong di kehidupan malam Kuta atau hanya sekedar jalan-jalan di Legian sambil ngelihatin turis suasana.
 
Buat urusan makan gak perlu khawatir. Cuma disponsori sama Nasi Jinggo dan Sar*imie double. Lagi-lagi aku beruntung. Warung tempat makan Nasi Jinggo yang aku beli murah banget cuma 4.000 IDR tapi tetep dengan porsi jumbo dan banyak bonusnya. Lumayan ngirit pengeluaran lagi. Tapi efeknya mabok disasak Sar*imie dan bertekad sepulang dari sini gak bakal makan mie dalam waktu dekat.
 
Akhirnya tiba hari buat balik. Tapi sekarang beda kasus. Gak ada lagi orang yang berbaik hati buat ngasih tumpangan kayak pas berangkat. Dengan naluri ngawur dan dengan modal nekat tanya sana sini akhirnya Nusa Dua ke Gilimanuk berhasil dilalui. Naik apa? Yang jelas gak naik sapi kok. Mana ada juga sapi di Bali.
 
Tapi kali ini sial. Setelah melewati penyeberangan Gilimanuk-Ketapang, ternyata jam masih menunjukkan pukul 21.00 WIB. Anjirrr!! Mana kereta masih jam 05.15 yang artinya harus bermalam di stasiun. Belum lama mikir, BRESSS!! Hujan turun. Pas banget dah. Udah sepi, dingin, ditambah hujan pula. Aku gak berani buat lihat pohon-pohon di sekitar dah. Salah-salah bakal makin apes lihat saudara kalian lagi.
 
Singkat cerita butuh perjuangan banget buat akhirnya bisa ngejar kereta jam 05.15. Bayangin dah, sepagi itu enaknya lagi selimutan di kamar, ini malah lari-lari buat ngejar kereta biar gak ketinggalan gara-gara jadwal berangkat pagi buta gini.
 
Kalau ada waktu, pasti aku ke Bali lagi. Bukan buat explore destinasi atau bahkan lihat bule bugil lagi. Tapi suasana di Bali. Suasana disana yang emang buat aku dan gak terkecuali kalian semua pasti betah lama-lama disana. Suasana yang nyaman ditambah dengan penduduknya yang ramah-ramah. Siapa coba yang gak pengen lama-lama di salah satu pulau terindah dan terkenal di Indonesia ini?
 
Kalau ada yang punya list hidden paradise di Bali bisa share di kotak komentar ya. Because Traveling is Sharing and Sharing is Caring. Atau yang mau ngajak traveling gratis boleh kok. HAHAHAHA!! See you para backpacker kece dimanapun kalian berada :)
 
Catetan : Total 6 hari aku cuma habis 371.000 IDR. Termasuk transport, akomodasi, makan, keliling, dll.

12 komentar:

  1. nginepnya dimana bro? dirumah bli anom??

    ReplyDelete
  2. nyahahaha :D baru denger padang-padang dari blog ini kece dah :D pasti nyusul gue

    ReplyDelete
  3. Murah banget 371.000 buat 6hr brgkat dr mana?

    ReplyDelete
  4. mau nyoba ke bali nih rencana maret, cuman msh belum tau tujuan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue saranin nyoba ke tempat yang belum pernah, dijamin pasti seru!

      Delete
  5. selasa ntr ane ke bali om, mau jumpa turis nakal wkwokeo

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane salamin gan, masukan utk losmen kntung mahasiswa dong gan HEHE

      Delete

Sebelum pergi jangan lupa tinggalkan komentar, kritik, saran, dan share juga ke temen kalian ya. Apresiasi sekecil apapun bisa jadi punya pengaruh yang sangat besar bagi pembaca lain dan juga blog ini ke depannya. Terimakasih sudah mampir dan membaca :))

 

Loyal Followers

Backpacker Indonesia

KBMR